Luar Biasa !!...Dengan Sedikit Sentuhan, Barang Bekas Jadi Begitu Bernilai. Inilah 10 Ide Kreatif Mengolah Barang Bekas

Ada berbagai macam cara yang bisa Anda lakukan untuk ikut serta melestarikanlingkungan. Anda bahkan bisa memulainya dari dalam rumah dengan cara yang mudah dan tanpabiaya, yakni mendaur ulang (recycle) barang bekas yang sudah tak terpakai.

Daripada memenuhi gudang atau terbuang sia-sia, Anda bisa mengolah kembali barang bekas menjadi sesuatu yang berguna dan bahkan memiliki nilai seni yang tinggi. Kertas koran misalnya, biasanya setelah selesai dibaca, koran akan ditumpuk di bawah meja atau gudang. Padahal dengan sedikit kreativitas, kertas koran bisa dibentuk menjadi benda-benda fungsional seperti meja, kotak majalah, hampers dan masih banyak lagi.
Berikut ini adalah 10 inspirasi benda hasil daur ulang yang unik dan menarik.

Kursi sepeda

Luar Biasa !!...Dengan Sedikit Sentuhan, Barang Bekas Jadi Begitu Bernilai. Inilah 10 Ide Kreatif Mengolah Barang Bekas
Luar Biasa !!...Dengan Sedikit Sentuhan, Barang Bekas Jadi Begitu Bernilai. Inilah 10 Ide Kreatif Mengolah Barang Bekas


Suku cadang (sparepart) sepeda tua rupanya memiliki nilai seni yang tinggi ketika diolah menjadi bagian dari furnitur, misalnya saja kerangka ataupun sandaran kursi.

Meja keyboard



Dibuang sayang, manfaatkan keyboard komputer menjadi elemen dekoratif pada meja kopi (coffee table). Rangkai tuts keyboard menjadi bentuk atau motif unik.

Kursi krat minuman


Bentuk kursi ini sudah banyak dijumpai pada resto-resto bertema industrial. Ya, kerangka kursi (stool) menggunakan krat minuman bekas yang dipadukan dengan kain bermotif sebagai pelapis dudukannya.

Beanbag vinyl


Karen Isdaryono bersama rekannya terinspirasi mengolah billboard bekas (limbah vinyl yang terbuat dari plastik PVC) menjadi bahan baku pembuatan aksesori rumah seperti beanbag, tempat tissue, coaster dan masih banyak lagi.

Hamper koran


Kertas koran bekas ternyata bisa dikreasikan menjadi berbagai macam benda fungsional, seperti keranjang pakaian kotor (hamper), kursi, meja dan aksesori rumah lainnya.

Lampu botol


Dengan sedikit kreativitas, botol minuman kaca bisa berubah menjadi armatur lampu meja yang unik dan atraktif.

Vas kuas


Punya kuas gambar atau kuas makeup yang sudah rusak? Kreasikan saja menjadi vas bunga dengan cara merangkainya menjadi satu kesatuan, lalu ikat dengan tali atau rotan.

Vas lampu bohlam


Jangan buang lampu bohlam Anda yang sudah mati. Sebab bohlam bisa diolah kembali menjadi berbagai macam bentuk dan fungsi, contohnya diolah menjadi vas bunga yang cantik.

Vas botol plastik


Botol plastik ternyata memiliki banyak fungsi. Potongan botol plastik bisa diolah menjadi beragam benda, seperti vas bunga. Dengan polesan cat warna, botol plastik pun berubah jadi cantik.

Rak buku tangga


Daripada memenuhi gudang, manfaatkan tangga bekas menjadi rak buku dengan cara menggantungnya di dinding.
Foto : Tri Rizeki

Sumber : http://majalahasri.com/10-ide-kreatif-mengolah-barang-bekas/