10 FAKTA MENARIK TENTANG KA'BAH YANG JARANG KITA KETAHUI

iklan
 
10 FAKTA MENARIK TENTANG KA'BAH YANG JARANG KITA KETAHUI
10 Fakta Menarik Tentang Ka`bah


Kita semua tahu Ka’bah merupakan bangunan yang paling suci bagi umat Muslim untuk menjalankan ibadah haji yang berada di Kota Mekah, Arab Saudi. Namun,  tahukah kamu jika Ka’bah ini memiliki beberapa fakta menarik yang sampai saat ini juga mungkin kamu tidak pernah mengetahuinya.


Karena Kabah ini menjadi tempat paling suci bagi umat Muslim sehingga dijadikan sebagai kiblat  jutaan umat muslim untuk menjalankan ibadah bahkan tidak dipungkiri pula ribuan orang  banyak berlari mengelilingi untuk bertawaf setiap harinya. 

Cerita menarik yang terjadi pada Kabah ini dulunya sempat akan dihancurkan namun tetap saja bangunan yang berbentuk kubus ini masih tetap saja gagah. Ini juga menjadi salah satu fakta menarik seputar Kabah. Namun selain itu masih banyak fakta – fakta menarik lainnya seputar Kabah yang tidak pernah kamu ketahui. 

Seperti yang dilansir dari Dream.co.id, inilah dia 10 fakta menarik Kabah yang tidak pernah kamu ketahui. 

1. Berkali – kali Direkonstruksi
 
Kabah in pertama kali dibangun oleh Nabi Irahim dan Ismail. Namun, seiring berjalannya waktu, bentuk Kabah tidak seperti awalnya akibat sejauh ini telah mengalami rekonstruksi  yang dikerenakan mengalami kerusakan. Sebelumnya Kabah ini juga pernah mengalami rekontruksi ketika pada zaman Nabi Muhammad terjadi peristiwa pertumpahan darah ketika masing-masing suku ingin membawa Hajar Aswad untuk dipasang di Kabah. Dan pada akhirnya Nabi Muhammad memutuskan batu hitam itu dibawa dengan menggunakan kain dan seuku-suku yang berebut itu bisa membawanya bersama-sama.
Hingga sejauh ini tercatat bila renovasi terakhir pada Kabah tersebut terjadi pada tahun 1996 dan sangat menyeluruh, yang mengarah ke penggantian banyak batu dan kembali memperkuat pondasi dan atap baru. 

2. Pernah Memiliki Dua Pintu dan Satu Jendela
 
Slah satu fakta menarik Kabah ini dulunya memiliki dua pintu dan satu jendela. Kegunaanya yakni pintu pertama untuk masuk, dan yang lainnya untuk keluar. Namun sekarang Kabah hanya punya satu pintu dan tanpa adanya jendela. 

3. Berwarna – warni
 
Dulunya Kabah ini berdiri dengan banyak warna yakni warna hijua , merah dan putih. Namun sekarang Kabah berdiri hanya ditutupi kain sutera hitam dengan sulaman kaligrafi dari benang emas. 

4. Kunci dipegang Satu Keluarga
 
Fakta menarik Kabah ini juga soal kunci Kabah yang di pegang satu keluarga. Ceritanya, kunci Kabah itu dipegang oleh keturunan Bani Shaiba. Awal mulana Nabi Muhammad mengembalikan kunci itu kepada Osman bin Talha dan pada saat itu juga Nabi Osman bin Talhamengatakan jika kunci Kabah akan dipegang keluarga ini secara turun-temurun sampai kiamat. 

5. Pernah dibuka Untuk Semua Orang
 
Dulu Kabah ini dibuka dua kali seminggu untuk siapa saja yang ingin berdoa. Namun karena jamaah yang ingin berdoa begitu banyak sehingga sampai saat ini Kabah hanya dibuka dua kali dalam setahun itupun khusus untuk pejabat dan tamu jamaah ibadah haji.

6. Kebanjiran
 
Pada tahun 1941 tercatat jika Kabah yang terletak di bagian lembah ini pernah mengalami kebanjiran hingga mencapai leher orang dewasa. Hal ini disebabkan akibat saluran air di kota Mekkah tidak baik sehingga ketika hujan deras turun banyak air menggenang di sekitar Kabah. 

7. Plakat Raja
 
Fakta menarik lainnya juga dapat dilihat dari dinding Kabah yang memiliki plakat yang berukir nama penguasa yang melakukan renovasi . Saat ini Ka’bah dilapisi dengan marmer dan kain hijau yang menutupi dinding bagian atas. 

8. Kabah di Langit

Beberapa fakta mengatakan jika di langit juga terdapat sebuah Kabah. Di dalam Al Quran dan Hadis menyebut adanya Baitul Makmur dilangit ini dikejelaskam oleh beberapa ahli tafsir jika Baitul Makmur tersebut adalah Kabah bagi ‘penduduk’ langit. 

9. Hajar Aswad Pecah
 
Rusaknya Hajar Aswad yang mengalami beberapa pecahan ini memiliki sebuah cerita. Cerita itu berawal ketika pasukan Umaiyah merusak Hajar Aswad yang pada saat itu mereka di bawah kendali Abdullah ibn Zubair. Namun mereka memiliki kesepakatan dimana terpecah-belahnya batu yang disebut-sebut berasal dari surga itu adalah kelompok Ismailiyah Bahrain yang disebut Qarmatians. Mereka menyatakan ibadah haji merupakan tindakan tahayul. Mereka juga membunuh puluhan ribu jamaah haji dan membuang tubuh mereka di sumur Zamzam. Bahkan mereka jugamengambil Hajar Aswad. Mereka membawanya ke arah timur Arab dan kemudian menyembunyikannya di Kufah, Irak. Mereka kemudian meminta tebusan hingga akhirnya mereka dipaksa menyerahkan batu itu oleh Khalifah Abassiah. 

10. Semula bukan Kubus
 
Kabah yang saat ini kita ketahui berbentuk Kubus ini ternyata dulunya bukan berbentuk Kubus tetapi berbentuk persegi panjang atau balok. Akibat adanya renovasi, orang-orang Quraisy kekurangan dana sehingga tidak bisa selesai seperti bentuk aslinya. Dalam hal ini Ka’bah pun dibangun lebih kecil dari bentuk aslinya, sehingga berbentuk kubus. 

Nah, itulah dia 10 fakta menarik Kabah yang tidak kamu ketahui.


Baca juga : 

Masya Alloh seperti inilah bagian dalam dari kabah semoga bisa bersua ke Baitullah.html